nikah siri
Pendidikan

Nikah Siri: Tata Cara Apa yang Membedakannya dari Pernikahan Pada Umumnya?

Nikah Siri: Tata Cara Apa yang Membedakannya dari Pernikahan Pada Umumnya?. Pada dasarnya tata cara melaksanakan nikah siri tidak berbeda dengan pernikahan pada umumnya. Seperti adanya orang yang menikahkan, mempelai, saksi, dan wali atau orangtua kedua mempelai.

Namun kali ini saya akan menjelaskan secara detail bagaimana tata cara melangsungkan pernikahan siri. Anda harus mengetahui beberapa hal dasar ini untuk mendapatkan kemudahan.

Nikah Siri: Tata Cara Apa yang Membedakannya dari Pernikahan Pada Umumnya

nikah siri
nikah siri

Keyakinan yang Dianut Kedua Mempelai Harus Sama

Ketika kedua mempelai memiliki keyakinan yang berbeda maka salah satu mempelai harus ikhlas untuk memiliki agama dan keyakinan yang sama dengan pasangannya. Jika belum dapat ikhlas makan nikah siri tidak bisa dilangsungkan, mungkin hal ini dapat dimusyawarahkan kembali dengan keluarga.

READ  Mengukur Target Lolos Seleksi Bimbel STAN Lebih Akurat!

Kedua Mempelai Tidak Memiliki Ikatan Pernikahan dengan Orang Lain

Apabila salah satu mempelai masih menjadi pasangan sah orang lain maka peenikahan siri tidak dapat dilangsungkan. Untuk itu, Anda harus tau kalau hubungan harus selesai lebih dulu.

Bagi Mempelai Wanita Sudah Melewati Masa Iddahnya Sebagai Salah Satu Syarat Sah Wanita untuk Bisa Menikah.

Masa iddah adalah masa di mana seorang perempuan yang telah diceraikan suaminya dapat menahan diri dari menikahi laki laki lain. Wanita yang belum melewati masa iddahnya belum bisa melangsungkan nikah siri dikarenakan salah satu syarat sah untuk menikah lagi belum terpenuhi.

Mendapat Restu Kedua Orang Tua Untuk Nikah Siri

Segala hal yang kita lakukan harus berdasarkan restu orang tua terlebih lagi ini merupakan sebuah pernikahan yang tidak dapat dilakukan secara tidak sengaja maupun hanya main main saja. Jadi sebaiknya hal sakralseperti pernikahan sudah dipikir matang matang dan dimusyawarahkan bersama keluarga.

READ  Yuk Gunakan Jasa Dari Rekomendasi Jasa Penulis Artikel Terpercaya

Melangsungkan Pernikahan Siri Berdasarkan Keinginan Pribadi dan Bukan Paksaan

Melaksanakan sesuatu yang bukan kehendak pribadi tentu sangat tidak nyaman. Terlebih lagi biaya untuk melangsungkan nikah siri tidaklah sedikit dan menikah merupakan sesuatu lelucon. Apabila salah satu pihak masih belum berkenan dan keberatan sebaiknya dibicarakan kembali agar kedua mempelai sama sama merasa nyaman.

Menentukan Tanggal yang Pas untuk Melangsungkan Pernikahan

Nah point ini merupakan point yang paling penting apabila ingin melangsungkan sebuah pernikahan. Baik pernikahan biasa maupun pernikahan siri. Biasanya di suku atau daerah tertentu memiliki caranya tersendiri untuk menentukan tanggal pernikahan sesuai dengan adat yang berlaku di daerah setempat. Selain itu kalian juga harus menyesuaikan waktunya dengan pihak penyelenggara.

Melengkapi Persyaratan Surat Menyurat dan Dokumentasi Kepada Pihak Penyelenggara Pernikahan Siri

Biasanya nikah siri dilakukan dengan menggunakan suatu lembaga jasa tertentu karena tidak dapat dilangsungkan di Kantor Urusan Agama (KUA). Pastinya kalian harus mengisi dokumen dokumen sebagai persyaratannya seperti KTP, KK, Persetujuan diatas materai, dan lain lain. Nah setelah melengkapi semua hal diatas barulah kalian dapat melangsungkan pernikahan.

READ  Yuk Cari 4 Kelebihan dari Program Bimbel PKN STAN Murah Newtonsix

Mendatangi Lokasi Penyelenggara Sesuai dengan Tanggal yang Telah Disepakati

Setelah menyepakati bersama tanggal pernikahan, maka jangan sampai lupa untuk mendatangi tempat penyelenggara nikah siri sesuai dengan kesepakatan. Jangan sampai terlambat karena mungkin pihak penyelenggara memiliki jadwal lain dengan klien yang lain. Agar kedua pihak sama sama nyaman jadi biasakan tepat waktu ya!. Perhatikan juga artikel menarik tentang game menghasilkan uang 2021 ini ya.

Nah seperti itulah kira-kira tata cara melangsungkan pernikahan siri. Memang tidak ada yang berbeda dari pernikahan pada umumnya. Mungkin hanya tempat berlangsungnya dan biayanya saja. Kalau pernikahan pada umumnya dilaksanakan dengan pesta mewah setelah ijab qobul dan makan makan, berbeda halnya dengan nikah siri yang hanya terdapat ijab qobul dalam penyelenggaraannya dan hanya mengundang sedikit anggota keluarga. Jika masih penasaran dengan pernikahan ini, maka kamu bisa mengunjungi nikahsiri.id.